Selasa, 09 November 2010

HUBUNGAN ILMU SOSIAL DASAR (ISD) DENGAN PERKULIAHAN


Seperti yang kita semua ketahui bahwa ilmu sosial dasar sangat penting hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, karena menurut saya pribadi bahwa ilmu sosial dasar mempelajari berbagai aspek kehidupan. Baik kehidupen sosial, politik, budaya, dll yang ada kaitannya dengan ISD. ISD (Ilmu Sosial Dasar) adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Seperti; sejarah, ekonomi, antropologi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial. Akan tetapi ISD (Ilmu Sosial Dasar) tidak merupakan gabungan-gabungan ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, Karena dari masing-masing disiplin ilmu tersebut memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Dan juga ISD (Ilmu Sosial Dasar) bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena ISD (Ilmu Sosial Dasar) tidak mempunyai obyek-obyek dan metode ilmiah sendiri, juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial yang sudah saya sebutkan tadi. ISD (Ilmu Sosial Dasar) sangat erat hubungannya dengan perkuliahan, karena dengan belajar ISD mahasiswa dapat dengan mudah untuk menjelaskan dan menelaah masalah-masalah sosial yang terjadi. Namun ada yang lebih spesifik lagi bagi mahasiswa, dengan mempelajari ISD (Ilmu Sosial Dasar) dapat digunakan sebagai bahan pembinaan mahasiswa agar::
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut sertadalam usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul di masyarakat selalu bersifat komplrks dan hanya dapat mendekatinya atau mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
  4. Memahami jalan fikiran para ahli di bidangilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul di masyarakat.
Hal-hal inilah yang menurut saya menjadi mengapa ISD (Ilmu Sosial Dasar) sangat erat hubungannya dengan perkuliahan dan sangat erat dengan kehidupan mahasiswa.
Referensi : Harwantioyoko, Katuk,Neltje F.1996.MKDU Ilmu Sosial Dasar. Depok. Penerbit Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar