Selasa, 26 November 2013

Kiat – Kiat Mempersiapkan Sidang S1

Skripsi adalah suatu hal yang paling mengerikan bagi hampir seluruh mahasiswa. Tujuan akhir selama perkuliahan adalah skripsi agar mendapat gelar sarjana, dan selanjutnya tergantung pribadinya untuk melanjutkan kehidupannya.


Langkah – langkah yang saya rangkum berikut ini merupakan langkah mempersiapkan skirpsi dengan baik :

1. Pemilihan judul skripsi

Pemilihan judul skripsi merupakan tahap paling awal dan paling menentukan karena selama berbulan – bulan kita akan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan judul skripsi. Apabila kita tidak menguasai atau “salah judul” bisa terhambat di proses selanjutnya.

2. Kuasai materi dengan baik

Apabila hati telah tetap memilih pada satu judul dan bisa menguasai maka pelajarilah dengan baik karena ini sangat berpengaruh pada dosen penguji kelak. Apabila kita menguasai pastilah dosen penguji akan percaya bahwa skripsi itu memang di perjuangkan oleh kita.

3. Selalu rajin bertemu dosen pembimbing

Tentu saja harus rajin bertemu bimbingan untuk mengetahui apa yang kurang dari tulisan kita.

4. Siapkan mental

Saat sidang skripsi sudah mulai dekat, rasa cemas biasanya tetap muncul. Ini adalah hal yang wajar. Untuk mengatasinya katakan pada diri kita sendiri bahwa kita sudah siap. Hilangkan pikiran-pikiran negatif dalam diri kita.Yakinkan diri kita, bahwa kita sudah menguasai materi kita dengan baik.

5. Berdoa

Perbanyaklah berdoa, karena doa akan membuat kita jauh lebih tenang dan optimis dalam menjalani apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai mahasiswa.

6. Presentasi

Presentasilah dengan baik hasil jerih payah kita selama berbulan – bulan untuk mendapatkan nilai yang baik. Yakinlah bahwa kita telah berusaha pasti akan mendapat balasan yang baik juga.

referensi:
http://hampir-lulus.blogspot.com/2013/11/kiat-kiat-mempersiapkan-sidang-skripsi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar